3. Menulis Skenario Cerita
Penulisan skenario tentu mengacu
pada sinopsis cerita. Dalam sekenario ini kita langsung membagi jumlah adegan
yang akan kita buat. Setiap adegan biasa disebut dengan scene atau frame yang
terdiri dari beberapa sub-adegan/sub-scene/sub-frame. Hal ini untuk mempermudah
saat pembuatan storyboard. Perlu diperhatikan dalam pembuatan skenario dalam
setiap adegan terdapat dialog yang harus dibuat. Karena semua proses ini
melibatkan siswa secara langsung, maka siswa bisa diberi kebebasan dalam
membuat dialognya, bisa dengan bahasa mereka sendiri (bahasa sehari-hari) atau
bahasa daerah. Namun tentu jika menggunakan Bahasa Indonesia harus bahasa
Indonesia yang sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk Mata
pelajaran bahasa Inggris tentunya bisa menggunakan bahasa Inggris.
Skenario sebagai acuan dialog
saat proses shooting, sangat berpengaruh pada rentang waktu pengambilan gambar.
Untuk itu sebelum proses shooting, sebaiknya semua pemeran/tokoh harus
menguasai dialog masing-masing, atau setidaknya menguasai sinopsis cerita.
Dalam film ini tidak hanya siswa
yang berperan, guru juga bisa ikut berperan sebagai salah satu tokoh dan karena
ini merupakan video pembelajaran, film harus Happy Ending, artinya semua
berakhir dengan suatu kejelasan terkait materi pelajaran.
Kunjungi Chanel Youtube Tutorial Kanal SAGUSAVI
Kunjungi FansPage SAGUSAVI
Gabung dalam Group Telegram SAGUSAVI
Download Modul 1 Lengkap
Founder Kanal:
Wasekjen IGI Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan
Saya sangat terkesan penyajian materinya... well managed
BalasHapusKeren pisan....
Terimakasih Ibu Nenny,
HapusSilakan lanjutkan untuk mempersiapkan tugas.
Tugas 1.
Tulis ide cerita dan Sinopsis cerita
Tugas 2:
Kembangkan Sinopsis cerita menjadi Skenario Cerita (Dialog antar tokoh)
Tetap Semangat
Nulis skenario ini yang jadi tantangan.... He..he...
BalasHapusLanjutkan ibu, anda pasti bisa..
HapusTErimakasih
Mantap..... pemaparannya bagus
BalasHapusSemoga bisa menghasilkan karya
Penyampaianya jelas, hanya saja skenario bisa berubah ketika berhadapan dengan siswa berkebutuhan khusus...sdh tiga hari uji coba di kelas yang saya pegang kelas 4C1, hasilnya kepala nguyerrr...Akhirnya pinjam siswa lain kelas...semoga berhasil
BalasHapus