- Mari Terus Berkreasi, Berinovasi, dan Berkarya Bersama SAGUSAVI dan IGI -

Selasa, 13 Maret 2018

Workshop SAGUSAVI IGI di Ehipassiko School BSD City Kota Tangerang Selatan Berjalan Sukses…!!!


Sabtu, 10 Maret 2018
Workshop SAGUSAVI IGI berjalan lancar di Ehipassiko School BSD City Kota Tangerang Selatan Banten. Pada kesempatan ini dihadiri oleh 27 peserta yang terdiri dari berbagai tempat di sekitar JABODETABEK.  Peserta yang tidak hadir sebelumnya sudah mengkonfirmasi, tidak datang karena ada halangan yang tidak bisa ditinggalkan. Pada kesempatan ini acara dibuka oleh Ibu Nenden Hazrianthi,M.Pd selaku Pengurus Ikatan Guru Indonesia Kota Tangerang Selatan. Beliau menjelaskan pentingnya mengikuti workshop SAGUSAVI ini, begitu juga beliau mengharapkan agar semua peserta workshop yang belum bergabung dengan IGI nantinya dapat bergabung dengan IGI. Setelah itu sambutan dari Direktur Ehipassiko School BSD yang hadir yaitu Ir. Indi Y. Wirawan, beliau mengharapkan workshop ini benar-benar dapat diaplikasikan di sekolah masing-masing hingga terciptalah sebuah video pembelajaran yang bersumber dari sekolah itu sendiri.

Kemudian beliau juga mengharapkan untuk saling menjalin komunikasi antar sekolah yang hadir agar semua dapat saling bersinergi mengembangkan pendidikan yang maju. Setelah sambutan dan pembukaan selesai, kemudian bapak Roch Aksiadi mulai memberikan materi bagaimana cara membuat video pembelajaran disekolah. Beliau menyampaikan ada beberapa tahap yang perlu dilalui dan perlu terus dilatih diantaranya adalah:
1. Membuat Ide Cerita
2. Membuat Sinopsis
3. Membuat Skenario
4. Membuat Storyboard
5. Teknik Pengambilan Gambar/Video
6. Teknik Pengeditan Gambar/Video
7. Finishing

Tahapan demi tahapan dijelaskan dengan baik, dan para peserta memahaminya dengan baik. Pada saat tahap Teknik Pengambilan Gambar Bapak Roch Aksiadi memanggil Bapak Ony selaku guru Multimedia Ehipassiko School BSD City Kota Tangerang Selatan dan juga beliau adalah pelaku bisnis Pembuatan Video. Bapak Ony menjelaskan bukan masalah kameranya yang mahal (seperti yang didemokan kameranya seharga 70 juta) namun justru yang terpenting adalah tahapan 1-4, karena tahapan tersebut belum bisa digantikan oleh robot, dan itu yang mengerjakan harus manusia. Beliau juga menjelaskan pentingnya pengambilan gambar dari depan, samping, jauh dan dekat.

Setelah selesai dijelaskan waktunya istirahat, dan membuat project langsung shooting di sekitar sekolah. Setelah melakukan shooting dengan tema yang berbeda-beda, kemudian mereka mentransfer gambar atau video ke dalam komputer yang sudah terinstal editing video. Pelan-pelan mereka memasukkan gambar, namun karena waktunya yang tidak cukup, maka tugas tersebut akhirnya harus diselesaikan disekolah masing-masing dengan ditambah ada tugas membuat video pembelajaran disekolah masing-masing yang melibatkan siswa-siswi sesuai dengan yang diajarkan oleh Bapak Roch Aksiadi. Acara selesai dengan penuh makna dan mereka merasa sangat senang dan bapak Roch Aksiadi akan melakukan mentoring melalui Group Whatsapp SAGUSAVI, hingga mereka menyelesaikan pembuatan Video Pembelajaran dengan baik.
Semoga Semuanya Sukses.

Roch Aksiadi, S.Ag., S.T. - Trainer SAGUSAVI IGI
NTA. 201828080000227

 Bagi Bapak/Ibu Para Peserta yang akan mengumpulkan tugas 1, 2, dan 3 dapat dikumpulkan disini



Berikut beberapa dokumentasinya:






BERIKUT TUTORIAL EDITING VIDEO DENGAN COREL STUDIO VIDEO
Memasukkan Video ke dalam Software Corel Studio Video X3
Memotong Video dalam Software Corel Studio Video X3
Memasukkan Audio ke dalam Software Corel Studio Video X3
Rekaman Suara ke dalam Software Corel Studio Video X3
Memasukkan Tulisan ke dalam Software Corel Studio Video X3
Memasukkan Video Transisi  ke dalam Software Corel Studio Video X3
Memasukkan Video filter efek  ke dalam Software Corel Studio Video X3
Memasukkan LOGO  ke dalam Software Corel Studio Video X3
Memasukkan Tulisan Penutup  ke dalam Software Corel Studio Video X3
Rendering Video dalam Software Corel Studio Video X3




3 komentar:

  1. Super sekali Master Roch Aksiadi... semoga Ilmunya Berkah dan Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Pak Akhmad Hamami
      Mari kita bersinergi untuk terus berkarya yang terbaik...

      Hapus
    2. siap Master..
      Step by step saya mengikuti dari tetorial dari Video yg dikirim Master Roch Aksiadi, sbg pedoman Utk menyelesaikan Tugas 1 - 4

      Hapus

Testimoni Sekjen IGI Tentang SAGUSAVI